Seperti biasa, kegiatan BM malam ini diawali dengan pembukaan, paparan materi, tanya jawab, dan penutup. Pertemuan ke-19 akan ditemani Pak Sigit Purwo Nugroho selaku moderator dan narasumber yang akan membersamai peserta BM gelombang 25 dan 26 malam ini adalah Bapak Agus Subardana.
Bagaimana Strategi Pemasaran Buku?
1. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara (online)
Pentingnya Transformasi Digital
Strategi utama yang digunakan adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku.
Untuk penjualan buku melalui online harus proaktif dan mempromosikan secara kontinu, agar dapat:
a. Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial.
b. Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada, sehingga kesetiaan konsumen tetap terjaga.
c. Menjaga kestabilan penjualan saat kondisi pasar sedang lesu.
d. Menaikkan penjualan dan profit
e. Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing.
f. Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
g. Mengubah tingkah laku yang semula kurang berminat menjadikan tertarik dan berminat.
Pemasaran Buku Melalui Komunitas
Gunakan jaringan komunitas untuk sarana promosi dan penjualan buku. Penjualan buku melalui komunitas lebih efektif dan efisien, sehingga tingkat keberhasilannya lebih tinggi. Kuncinya harus komunikasi dan interaksi secara aktif serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
Penerbit Andi juga terus mengadakan aktifitas pemasaran melalui komunitas dengan mengadakan webinar lewat link zoom, live youtube TV Andi, dengan tema-tema yang menarik.
2. Strategi Pemasaran Buku Serangan Darat (offline)
Penerbit Andi melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Penerbit Andi mempunyai 90 cabang dari Aceh sampai Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Stategi pemasaran buku serangan darat dikelompokkan berdasarkan target pasar yang dituju:
A. Toko Buku
Penerbit buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri, sebagian besar sebagai pemasok di toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di tokoh buku, maka perlu pemetaan jenis tokoh buku. Toko buku dipetakan menjadi tiga jenis, yaitu toko buku modern, toko buku semi modern, dan toko buku tradisional.
Strategi promosi di toko buku modern, antara lain:
* Menguasai display buku supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol.
* Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X banner
* Mengadakan bedah buku, talkshow dan potongan harga pada buku tertentu atau periode tertentu
* Mengadakan even tematik sesuai moment bulan berjalan.
B. Directselling
Pemasaran buku melalui directselling dipetakan berdasarkan kategori buku yang diterbitkan. Jenis buku penjualan lewat directselling dibagi beberapa target pasar, ayitu:
* Buku pendidikan (jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK)
* Buku teks perguruan tinggi untuk semua mata kuliah
* Buku referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK, perguruan tinggi, dan umum)
Melalui pemetaan tersebut Penerbit Andi sebagai industri penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (sales) di setiap wilayah kota dan kabupaten.
Menulis adalah perjuangan, di mana penulis merupakan pahlawan yang akan dikenang selama-lamanya, lembaran karya adalah medan pertempuran dan pena adalah senjatanya. untuk itu marilah terus berkarya melalui tulisan yang dapat memberikan kebaikan kepada masyarakat. Salam literasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar